MODUL 3
PERANCANGAN BASIS DATA
MENGGUNAKAN E-R DIAGRAM MANUAL
A. Tujuan
1. Saya mampu merancang basis data
melalui tahap-tahap perancangannya.
2. Saya mampu mewujudkan hasil
perancangan basis data ke dalam diagram E-R secara manual.
B. Landasan Teori
·
Entity sets
è Suatu obyek yang dapat dikenali dari obyek yang lain.
Contohnya : Mobil,toko,dll.
·
Attributes
è Properti deskriptif yang dimiliki oleh semua anggota
set entitas. Ada 5 buah tipe attributes yaitu,
a. Atribut Sederhana (Automatic
Attribute)
Atribut yang terdiri dari 1 komponen tunggal dengan
keberadaan yang independen,tidak dapat diuraikan lagi.
b. Atribut Komposit (composite
Attribute)
Atribut yang terdiri dari atribut yang lebih mendasar
dan dapat diuraikan.
c. Single_value Attribute
Pengertian -> atribut yang hanya memiliki 1 nilai
untuk satu entitas tertentu
Contoh : jenis_kelamin.
d. Multi_value Attribute
Pengertian -> atribut yang dapat terdiri dari sekumpulan
nilai untuk suatu entitas tertentu
Contoh : hoby pada entitas mahasiswa, makanan pada
entiatas yang disukai anak-anak.
e. Atribut Derivatif(Derived Attribute)
Pengertian -> atribut yang dihasilkan dari atribut
lain yang tidak berasal dari 1 entitas.
Contoh : atribut umur yang dihasilkan dari tanggal
lahir.
·
Relationship
Sets
è Kesesuaian antar beberapa entity.
Contoh : Entitas mahasiswa dengan nim dan nama
berelasi dengan entitas makul kode_makul dan nama_makul.
·
Mapping
Cardinalities
Ada 4 jenis pemetaan :
a. One to one
b. One to many
c. Many to one
d. Many to many
·
ERD (Entity
Relationship diagram
C. Alat dan Bahan
1. Komputer dengan koneksi internet
2. program Lucidchart (program online)
3. Modul Praktikum Sistem Basis Data
D. Langkah Kerja
1.
Menentukan entitas
a.
Nasabah : menyimpan data pribadi semua nasabah.
b.
Rekening : menyimpan informasi semua rekening yang telah dibuka.
c.
Cabang_bank : menyimpan informasi tentang semua cabang bank.
d.
Transaksi : mentimpan informasi tentang semua transaksi yang telah
terjadi.
2.
Menentukan attributes
a.
Nasabah
·
Id_nasabah : nomor id untuk nasabah
·
Nama_nasabah : nama lengkap nasabah
·
Alamat _nasabah : alamat lengkap nasabah
b.
Rekening
·
No_rekening : nomor rekening
·
Pin : personal identification number
·
Saldo : jumlah saldo rekening dalam rupiah
c.
Cabang_bank
·
Kode_cabang : kode untuk cabang bank
·
Nama_cabang : nama lengkap cabang bank
·
Alamat_cabang : alamat lengkap cabang bank
d.
Transaksi
·
No_tansaksi : nomor transaksi
·
Jenis_transaksi : kredit atau debit
·
Tanggal : tanggal terjadinya transaksi
·
Jumlah : besarnya transaksi dalam rupiah
3.
Menentukan relationships (hubungan-hubungan) diantara entitas tersebut
nasabah
|
reekning
|
Cabang_bank
|
transaksi
|
|
Nasabah
|
-
|
m:n
|
-
|
1:n
|
Rekening
|
-
|
n:1
|
1:n
|
|
Cabang_bank
|
-
|
-
|
||
transaksi
|
-
|
Hubungan
a.
Nasabah memiliki rekening
·
Tabel utama : nasabah, rekening
·
Tabel kedua : nasabah_has_rekening
·
Relationship : many_to_many (m:n)
·
Attribute penghubung : id_nasabah, no_rekening, (FK id_nasabah,
no_rekening di nasabah_has_rekening
b.
Nasabah melakukan transaksi
·
Tabel utama : cabang_utama
·
Tabel kedua : transaksi
·
Relationship : one_to_many (1:n)
·
Atrribute penghubung : id_nasabah (FK id_nasabah di transaksi)
c.
Cabang_bank menangani rekening
·
Tabel utama : cabang_bank
·
Tabel kedua : rekening
·
Relationship : one_to_many (1:n)
·
Attribute penghubung : kode_cabang (FK kode_cabang di rekening)
d.
Rekening terlibat dalam transaksi
·
Tabel utama : rekening
·
Tabel kedua : transaksi
·
Relationship : one_to_many (1:n)
·
Attribute penghubung : no_rekening (FK no_rekening di transaksi)
4.
Menggambar E-R diagram manual :

E. Analisa
Untuk membuat E-R diagram ada 4 tahap yang harus dilakukan, yaitu
1.
Menentukan entitas
2.
Menentukan attribute
3.
Menentukan relationship
4.
Menggambar E-R diagram
Pada praktikum kali ini saya akan membuat database yang menangani
data-data bank. Entitas yang saya gunakan adalah nasabah, rekening, transaksi,
dan cabang bank. Entitas nasabah memiliki attribute nama_nasabah, ID_nasabah,
alamat_nasabah. Rekening memiliki attribute no_rekening, pin, saldo. Transaksi
memiliki attribute no_transaksi, jenis_nasabah, tanggal, jumlah. Cabang bank
memiliki attribute kode_cabang, nama_cabang, alamat_cabang.
Seorang nasabah dapat memiliki sebuah
rekening, dan dapat melakukan banyak transaksi. Untuk setiap transaksi yang
dilakukan melibatkan rekening nasabah. Segala sesuatu mengenai rekening
ditangani oleh cabang bank (membuat, jika ada masalah, dll).
F. Tugas
1.
Mebuat E-R diagram manual untuk menangani data-data kuliah (mahasiswa,
data pribadi mengenai dosen, data mata kuliah, dan data ruang kelas).
a.
Menentukan entitas
·
Mahasiswa : menyimpan semua data mahasiswa
·
Dosen : menyimpan semua data pribadi dosen
·
Mata kuliah : menyimpan informasi tentang semua mata kuliah
·
Ruang : menyimpan inforamasi tentang semua ruang kelas.
b.
Menentukan attributes
·
Mahasiswa
ü Nama : nama lengkap
mahasiswa
ü NIM : Nomor Induk
Mahasiwa
ü
·
Mata kuliah
ü Nama MK : nama mata
kuliah
ü Kode MK : kode mata
kuliah
ü
·
Dosen
ü Nama : nama lengkap
dosen
ü NIK : Nomor Induk
ü No Hp : Nomor HP
dosen
·
Ruang
ü Kapasitas :
kapasitas ruang kelas
ü Nama : nama ruang
kelas (nama gedung, lantai, nomor ruang)
c.
Menentukan relationship
mahasiswa
|
Mata kuliah
|
dosen
|
ruang
|
|
Mahasiswa
|
m:n
|
n:1
|
n:1
|
|
Mata kuliah
|
||||
Dosen
|
1:n
|
1:1
|
||
Ruang
|
Hubungan
·
Mahasiswa mengambil mata kuliah
ü Tabel utama :
mahasiswa, mata kuliah
ü Tabel kedua :
mahasiswa_take_makul
ü Relationship : many
to many
ü Attribute : NIM,
kode MK (FK NIM, kode MK di mahasiswa_take_makul)
·
Mahasiswa dibimbing dosen
ü Tabel utama :
mahasiswa, dosen
ü Tabel kedua : dosen
ü Relationship : many
to one
ü Attribute : NIM,
nama (FK NIM, nama di mahasiswa_teach_dosen)
·
Mahasiswa menempati ruang kelas
ü Tabel utama :
mahasiswa, ruang
ü Tabe kedua : ruang
ü Relationship : many
to one
ü Attribute : nama
ruang (FK nama ruang di ruang kelas)
·
Dosen mengampu mata kuliah
ü Tabel utama :
dosen, makul
ü Tabel kedua : makul
ü Relationship : one
to many
ü Attribute : nama,
kode MK (FK nama, kode MK di dosen_teach_makul)
·
Dosen menempati ruang kelas
ü Tabel utama :
dosen, ruang kelas
ü Tabel kedua : ruang
kelas
ü Realtionship : one
to one
ü Attribute : nama
ruang (FK nama ruang di dosen_place_ruang)
d.
Menggambar E-R diagram
2.
Membuat E-R diagram manual untuk menangani data-data sekolah (siswa,
jurusan, mata pelajaran, guru, ruang)
a.
Menentukan entitas
·
Siswa : menyimpan semua data siswa.
·
Jurusan : menyimpan informasi tentang semua jurusan.
·
Mata pelajaran : menyimpan informasi tentang semua marta pelajaran.
·
Guru : menyimpan semua data guru.
·
Ruang : menyimpan informasi tentang semua ruang kelas.
b.
Menentukan attributes
·
Siswa
ü Nama : nama lengkap
siswa
ü NIS : Nomor Induk
Siswa
·
Jurusan
ü TKJ : jurusan
Teknik Komputer dan Jaringan
ü Pertanian : jurusan
pertanian
ü Mesin : jurusan
pertanian
·
Mata pelajaran
ü Nama : nama mata
pelajaran
ü Kode : kode mata
pelajaran
·
Guru
ü Nama : nama lengkap
guru
ü NIP : Nomor Induk
Pegawai
ü No hp : Nomor HP
guru
·
Ruang
ü Nama : nama ruang
kelas
ü Kapasitas :
kapasitas ruang kelas
c.
Menentukan relationship
siswa
|
jurusan
|
mapel
|
guru
|
Ruang
|
|
Siswa
|
1:1
|
m:n
|
n:1
|
||
Jurusan
|
|||||
Mapel
|
|||||
Guru
|
1:n
|
1:1
|
1:1
|
||
Ruang
|
Hubungan
·
Siswa memilih jurusan
ü Tabel utama :
siswa, jurusan
ü Tabel kedua :
siswa_take_jurusan
ü Realtionship : one
to one
ü Attribute : nama,
nama jurusan (FK nama, nama jurusan di siswa_take_jurusan)
·
Siswa mempelajari mata pelajaran
ü Tabel utama :
siswa, mapel
ü Tabel kedua : mapel
ü Realtionship : many
to many
ü Attribute : nama
siswa, nama mapel (FK nama siswa, nama mapel di mapel)
·
Siswa menempati ruang kelas
ü Tabel utama :
siswa, ruang
ü Tabel kedua : ruang
ü Realtionship : many
to one
ü Attribute : nama
ruang (FK nama ruang di ruang)
·
Guru mendidik siswa
ü Tabel utama : guru,
siswa
ü Tabel kedua : guru
ü Realtionship : one
to many
ü Attribute : nama
siswa, nama guru (FK nama siswa, nama guru di guru)
·
Guru mengampu mata pelajaran
ü Tabel utama : guru,
mapel
ü Tabel kedua : mapel
ü Realtionship : one
to one
ü Attribute : nama,
kode (FK nama, kode di mapel)
·
Guru menempati ruang kelas
ü Tabel utama : guru,
ruang
ü Tabel kedua : ruang
ü Realtionship : one
to one
ü Attribute : nama
ruang (FK nama ruang di ruang)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar